0


Dari pengalaman saya menangani berbagai permasalahan psikologis dari mulai stres, phobia, trauma, depresi dan lain-lain, salah satu masalah yang paling sering dihadapi adalah perasaan-perasaan negatif terhadap orang lain. Apakah itu Kemarahan, Kecewa, Sakit Hati dan lain-lain.

Mengapa hal ini sering terjadi?

Wajar saja karena manusia setiap hari berinteraksi dengan orang lain, dan tak semua interaksi ini selalu berjalan dengan mulus. Ada beberapa yang menyisakan Konflik yang belum terselesaikan.

Nah konflik yang masih terganjal atau belum terselesaikan ini lah yang sering menyisakan perasaan-perasaan negatif terhadap orang lain. Misalkan dalam relasi bisnis : merasa dikhianati, kecewa, merasa ditipu dan lain.
Begitu juga dengan hubungan asmara : tak terima diputusin, kecewa dikhianati (selingkuh), cemburu dan lain-lain.

Masih banyak beberapa contoh munculnya perasaan-perasaan negatif ini, jika tersimpan cukup lama dan belum terselesaikan bisa menyebabkan beberapa gangguan psikis seperti : Stres, Trauma, Depresi dan lain-lain, tak jarang juga bisa menyerang kesehatan fisik.

Maka dari saya ingin membagikan Tips untuk melepaskan perasaan-perasaan negatif terhadap orang lain :


1.Terima lah terlebih dahulu keadaan saat ini.
Karena masalah tersebut sudah terjadi mustahil anda akan menolaknya, dan pastinya tak mungkin bisa memutar waktu. Menerima ini bertujuan agar anda tidak terus dibayangi perasaan Tidak terima serta terikat terus oleh perasaan tsb.

2.Membuka Diri dari Masalah

Artinya anda tidak terus-terusan larut dari permasalahan tsb, karena semakin anda menikmati rasa kurang nyamannya semakin lama perasaan negatif tersebut ada di dalam diri.

3.Berhenti Menempatkan Diri Sebagai Korban

Ketika anda selalu menempatkan diri sebagai Korban, maka secara tidak langsung pikiran dan perasaan menempatkan anda sebagai Obyek yang tersakiti, dan pastinya harus ada orang yang akan disalahkan. Jika ini diteruskan anda akan terus melekatkan perasaan-perasaan negatif kepada orang lain.

4.Menetralisir Diri

Langkah ini bertujuan agar anda bisa melepaskan diri dari perasaan-perasaan negatif, termasuk merasa diri sebagai korban tadi. Anda bisa melakukan relaksasi pikiran, meditasi, Zikir dan lain-lain.

5.Menyelesaikan Permasalahan (Memaafkan)

Anda bisa langsung menyelesaikan permasalahan dengan seseorang secara langsung atau dengan memaafkannya secara bathin. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan metode Self Hypnosis dan lain-lain. Selain anda memaafkan orang lain, anda juga harus memaafkan diri sendiri.

By :
Eric Siregar
HR Consultant, Mind-Therapist & Coach, Trainer
Penulis Buku The Real Art of Pikiran Bawah Sadar
www.ericsiregar.com

Posting Komentar

 
Top