0
 
6 Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Sering Marah

Banyak penelitian menunjukkan bahwa kondisi psikologis seseorang mempengaruhi tingkat kesehatan secara keseluruhan.

Dan salah satu cara menjaga kesehatan adalah mampu mengendalikan amarah. Mengapa? Karena kemarahan ternyata dapat meningkatkan berbagai penyakit selain stres.

Masalahnya, tak semua orang mampu mengendalikan kemarahan lantaran membutuhkan proses dan kesabaran yang tinggi.

Lantas, penyakit apa saja yang bisa muncul akibat sering marah? Berikut penjelasannya:

Penyakit Jantung
Ketika kemarahan Anda meledak, jantung berdetak lebih cepat. Itu artinya, bila Anda sering marah, maka jantung lebih rentan terhadap stroke. Untuk itu, penderita penyakit jantung harus menjaga mood mereka misalnya dengan berlatih yoga agar risiko tersebut bisa diminimalisasi.

Gangguan Tidur
Hormon dalam tubuh menjadi tidak stabil ketika kita marah. Akibatnya, metabolisme tubuh menjadi kacau dan berdampak pada gangguan tidur atau insomnia.

Tekanan Darah Tinggi
Tidak hanya faktor makanan tidak sehat yang menyebabkan tekanan darah meningkat, tapi faktor emosi juga bisa memengaruhinya. Meskipun hanya sementara, kemarahan juga bisa menyebabkan tekanan darah meningkat.

Masalah Pernapasan
Mereka yang marah rentan dengan gangguan pernapasan seperti asma. Ledakan emosi membuat napas Anda berat, dan memicu serangan asma.

Sakit Kepala
Kemarahan juga memicu rasa sakit kepala akut.

Stroke
Stroke juga terjadi karena fungsi otak terganggu. Jika Anda marah dan pada saat yang sama tekanan darah naik secara drastis, kondisi ini juga akan mengganggu sistem saraf.

Nah, jadi Anda harus jangan menyepelekan kemarahan yang meluap karena bila tak segera dikendalikan bisa berakibat fatal bagi kesehatan Anda.

Penulis: Ririn Indriani/RIN

Sumber:Medicmagic

Posting Komentar

 
Top